KEWIRAUSAHAAN DAN PERENCANAAN BISNIS
Istilah entrepreneur
di dalam bahasa Indonesia diserap menjadi wirausaha, namun ada pula yang
menyebutkan dengan istilah wiraswasta. Secara bahasa, wirausaha dan wiraswasta
berasal dari bahasa Sansekerta. Wira
artinya adalah berani, orang pilihan, orang berbudi luhur. Sedangkan usaha adalah upaya, kerja atau aksi
nyata. Sedangkan swasta berasal dari
dua kata, yaitu swa artinya sendiri,
dan sta artinya kaki. Maka jika
diartikan secara harfiah, wirausaha adalah orang pilihan yang berani melakukan
usaha atau kerja sendiri, sedangkan wiraswasta adalah orang pilihan yang berani
berdiri di atas kaki sendiri. Secara makna sebenarnya tidak terlalu berbeda,
namun istilah yang banyak dipakai saat ini adalah wirausaha. Hal ini karena
jika wiraswasta penekanannya adalah pada keberanian untuk berdiri sendiri,
namun wirausaha penekanannya adalah pada usaha terus menerus yang dilakukan
agar terjadi pertumbuhan. Maka kemudian istilah wirausaha lekat dengan inovasi
karena untuk menciptakan pertumbuhan terus menerus diperlukan inovasi. Jadi
secara singkat, wirausaha dan inovasi adalah dua hal yang tidak terpisahkan.
Orang yang menjalankan kegiatan kewirausahaan bisa disebut wirausaha,
wirausahawan, dan pengusaha, meskipun jika dilihat secara bahasa istilah
pengusaha sendiri menjadi kurang tepat jika dikaitkan dengan kewirausahaan
karena penekanan istilah pengusaha terbatas hanya pada orang yang menjalankan
usaha sendiri.
Wirausaha berusaha menciptakan bisnis yang akan
menghasilkan laba untuk mereka sendiri. Mereka mencari peluang di mana mereka
mampu menawarkan konsumen produk atau layanan yang diberi harga lebih rendah
atau punya kualitas lebih baik dari apa yang ditawarkan oleh perusahaan yang
sudah ada. Dengan cara ini, mereka mungkin dapat memuaskan pelanggan dan
menghasilkan pendapatan. Mereka juga berharap untuk menghasilkan produk dengan
biaya yang relatif rendah sehingga pendapatan mereka melebihi biaya dan dapat
menghasilkan laba.
Orang tidak perlu menjadi sangat pintar untuk
membangun bisnis mereka sendiri. Mereka hanya perlu mengenali kebutuhan pasar
akan produk atau layanan tertentu yang bisa mereka sediakan. Sebagai contoh
cerita tentang Rob Mason, yang baru saja lulus dari perguruan tinggi dan sedang
mempertimbangkan menciptakan bisnisnya sendiri. Sementara di perguruan tinggi,
dia sering bekerja sebagai guru bagi siswa untuk menghasilkan uang. Dia percaya
bahwa mungkin ada kebutuhan bisnis untuk guru penuh waktu. Rob perlu membuat
beberapa keputusan itu akan mempengaruhi kesuksesan dari bisnisnya. Secara
khusus, Rob harus melakukan beberapa hal, yaitu:
·
Menentukan apakah kepribadiannya cocok dengan profil
wirausaha.
·
Menentukan bagaimana cara memanfaatkan kondisi
pasar.
·
Mengembangkan keuntungan yang kompetitif.
·
Mengembangkan rencana bisnis.
·
Menentukan cara mengelola risiko bisnisnya.
I.
MENCIPTAKAN BISNIS BARU
Setiap
tahun, ratusan ribu bisnis kecil diciptakan. Meskipun biasanya hanya bisnis
terbesar menerima publisitas terbanyak, bisnis kecil juga merupakan hal yang
vital bagi perekonomian. Lebih dari 99 persen dari semua perusahaan memiliki
kurang dari 500 karyawan. Usaha kecil diciptakan oleh wirausaha yang memiliki
ide bisnis dan bersedia menginvestasikan uang mereka sendiri untuk mendukung
idenya. Banyak bisnis baru dibuat dengan jumlah uang yang sangat kecil,
sehingga mampu membatasi risiko tentang seberapa besar uang yang akan hilang.
Ide-ide bisnis tidak hanya terbatas pada penemuan-penemuan yang tidak biasa
saja karena banyak ide sederhana berhasil menciptakan berbagai bisnis yang
sukses.
Berikut
adalah ringkasan singkat tentang bagaimana tiga bisnis kecil yang sukses itu
dibuat:
·
Domino's
Pizza (dari Ann Arbor, Michigan) adalah contoh klasik dari bisnis yang dimulai
dengan sedikit dana. Bisnis ini didirikan ketika Tom Monaghan (putus kuliah)
dan saudaranya membeli bisnis pizza yang bangkrut pada tahun 1960. Tom harus
meminjam $ 500 yang dia butuhkan untuk berinvestasi di perusahaan. Kemudian, ia
membujuk saudaranya untuk ikut dalam bisnis ini. Domino's Pizza pada tahun 2007
sudah menghasilkan penjualan sekitar $ 1 miliar per tahun.
·
Jeremy's
MicroBatch Ice Cream (dari Philadelphia, Pennsylvania) menerapkan konsep
pembuatan es krim dalam jumlah kecil. Dia membuat es krim jumlah kecil dan
menjualnya dalam edisi terbatas. Pemiliknya, Jerry Kraus, menciptakan ide
bisnis untuk proyek kelas ketika dia masih mahasiswa di Universitas
Pennsylvania.
·
Glow
Dog, Inc. (dari Concord, Massachusetts), menjual pakaian yang dapat memantulkan
cahaya untuk hewan peliharaan. Pemiliknya, Beth Marcus, memikirkan ide bisnis
ini ketika dia berjalan-jalan dengan anjingnya di malam hari dan menyadari
bahwa anjing itu tidak terlihat oleh pengendara yang lewat. Setelah menjalankan
bisnisnya selama dua tahun, rata-rata penjualan tahunan perusahaannya lebih dari
$ 1 juta.
Inti dari
contoh-contoh ini adalah bahwa ide bisnis tidak terbatas pada penemuan-penemuan
yang unik, karena banyak ide sederhana telah menghasilkan bisnis yang sukses.
Banyak ide bisnis adalah revisi dari ide bisnis sebelumnya yang gagal. Misalnya,
banyak bisnis restoran gagal di satu lokasi, tetapi berhasil ketika mereka
dipindahkan ke lokasi yang berbeda.
a.
Berbagai Sumber Online untuk Menciptakan Suatu
Bisnis
Memulai
bisnis kecil bisa menjadi proses yang sulit. Publikasi bisnis berupa majalah,
siaran radio, televisi serta internet, berbagai komunitas dengan pelatihannya,
sekolah dan universitas telah menjadi sumber yang biasa digunakan sebagai
rujukan. Pendanaan utamanya tersedia melalui lembaga keuangan lokal dan relatif
sulit diakses. Internet telah membuat proses ini lebih mudah. Berbagai situs
memberikan rekomendasi tentang memulai bisnis, informasi tentang program
bantuan pemerintah, rekomendasi tentang industri tertentu, template rencana bisnis, diskusi tentang masalah hukum, bahkan pendanaan
secara peer-to-peer dan crowdsourcing sudah tersedia. Namun
demikian, pencarian sederhana untuk sumber daya bisnis kecil akan menemukan
banyak situs dengan banyak informasi.
b.
Pro dan Kontra Menjadi Seorang Wirausaha
Manusia
tidak langsung terlahir sebagai wirausaha. Mereka memilih menjadi wirausaha,
daripada bekerja sebagai karyawan untuk bisnis. Beberapa keuntungan yang bisa
didapatkan dengan menjadi wirausaha adalah:
·
Sebagai
seorang wirausaha, Anda mungkin mendapat untung besar dari bisnis Anda, dan
karenanya mendapatkan penghasilan yang jauh lebih tinggi daripada jika Anda
bekerja pada bisnis lain.
·
Anda
bisa menjadi bos sendiri dan menjalankan bisnis seperti yang Anda
inginkan. Karena Anda memegang kendali,
Anda tidak perlu takut akan tekanan oleh bos atau kemungkinan untuk dipecat.
·
Anda
mendapat kepuasan kerja yang lebih tinggi dari bisnis yang Anda buat, dan Anda
mungkin akan mempunyai kemauan kerja lebih tinggi karena Anda langsung mendapat
imbalan untuk pekerjaan Anda dalam bentuk keuntungan bisnis yang lebih tinggi.
Adapun
kerugian dari menjadi seorang wirausaha yang sebaiknya dipertimbangkan ialah
sebagai berikut:
·
Anda
memiliki kemungkinan menanggung kerugian dalam jumlah besar dan bahkan dapat
kehilangan seluruh investasi Anda di dalam bisnis.
·
Meskipun
Anda dapat mengendalikan bisnis, Anda harus memastikan bahwa fungsi-fungsi
bisnis telah berjalan dengan baik. Penghasilan yang Anda terima bergantung pada
pengelolaan bisnis dari hari ke hari.
·
Meskipun
Anda merupakan pemilik dari suatu bisnis yang tidak akan mungkin dipecat, namun
Anda masih dapat kehilangan sumber penghasilan jika bisnis Anda mengalami
kegagalan.
c.
Profil Wirausaha
Seorang
wirausaha wajib memiliki tiga sifat berikut:
1)
Toleransi
terhadap risiko atau ketidakpastian: wirausaha harus bersedia menerima risiko
kehilangan invetasi bisnis mereka.
2)
Kreativitas:
wirausaha harus mampu mengetahui cara-cara untuk meningkatkan kepuasan
pelanggan.
3)
Inisiatif:
wirausaha harus bersedia untuk mengambil inisiatif dan memastikan ide mereka
terlaksana. Mereka dapat menyadari adanya tantangan dan langsung berhadapan
dengannya. Untuk mengambil inisiatif, para wirausaha perlu memiliki ambisi dan
kegigihan atau keuletan.
II.
MENILAI KONDISI PASAR
Kondisi-kondisi
pasar yang perlu dipertimbangkan adalah permintaan, persaingan, kondisi tenaga
kerja dan kondisi peraturan perundang-undangan. Wirausaha harus
mempertimbangkan semua kondisi pasar yang diidentifikasi di sini sebelum
memutuskan untuk membuat bisnis baru. Bagaimana kondisi-kondisi tersebut memengaruhi
potensi kinerja bisnis ditunjukkan dalam gambar di bawah ini. Permintaan dan
persaingan memengaruhi permintaan akan produk perusahaan dan karenanya
memengaruhi pendapatannya. Karena kondisi ini juga mempengaruhi jumlah produk
yang akan dihasilkan oleh bisnis baru, juga mempengaruhi biaya operasi, seperti
biaya produksi dan administrasi. Perubahan apa pun dalam lingkungan kerja dan
peraturan perundang-undangan biasanya mempengaruhi pengeluaran dari bisnis
baru.
a.
Permintaan
Setiap
produk memiliki pasarnya sendiri, bahkan kadang produk yang aneh pun juga
memiliki konsumennya sendiri. Pasar komputer pribadi (PC), ada permintaan oleh
jutaan orang untuk PC, dan ada banyak bisnis (seperti Dell dan Hewlett-Packard)
yang menghasilkan PC untuk mengakomodasi permintaan tersebut. Ada juga pasar
untuk jasa, seperti yang disediakan oleh penata rambut, dokter gigi, dan
mekanik. Namun jasa tidak dapat dikirim, sehingga permintaan untuk jasa di
suatu area dilayani oleh perusahaan di area tersebut. Misalnya, seluruh permintaan
untuk layanan mekanik mobil di kota kecil tertentu mungkin dilayani oleh total
tiga bisnis mekanik mobil. Jadi di sana banyak pasar untuk satu layanan, dengan
masing-masing pasar mewakili sebuah area spesifik.
Selama
jangka waktu tertentu, perusahaan-perusahaan dalam pasar tertentu memiliki
kinerja yang jauh lebih baik dari pasar-pasar yang lain karena permintaan akan
produk di pasar tersebut sedang tinggi. Permintaan akan kebanyakan produk
sebagian besar dipengaruhi oleh kondisi perekonomian secara umum karena
konsumen cenderung membeli lebih banyak barang dan jasa ketika perekonomian
sedang kuat dan mereka memiliki cukup penghasilan. Permintaan juga dipengaruhi
oleh kondisi dalam pasar tertentu. Permintaan dalam pasar tertentu akan berubah
dari waktu ke waktu. Para wirausaha cenderung mengembangkan bisnis-bisnis baru
di pasar yang memiliki dorongan permintaan yang kuat, sehingga mereka dapat
meraih keuntungan dari permintaan
tersebut. Ketika permintaan mengalami kenaikan, bisnis dalam pasar tersebut
cenderung mendapat keuntungan karena naiknya penjualan, demikian pula
sebaliknya.
b.
Persaingan
Setiap
bisnis memiliki pangsa pasar (market
share), yang mewakili volume penjualannya sebagai sebuah persentase dari
total penjualan di pasar tertentu. Jika total penjualan dalam pasar untuk
produk tertentu adalah $ 10 juta tahun ini, sebuah perusahaan penjualan yang
berpengalaman dapat menghasilkan $ 2 juta memiliki pangsa pasar 20 persen
(dihitung sebagai $ 2 juta dibagi dengan $ 10 juta). Artinya, perusahaan menguasai
20 persen dari pasar.
Jika
persaingan dalam pasar tertentu terbatas, perusahaan bisa lebih mudah
meningkatkan pangsa pasar mereka dan karenanya meningkatkan pendapatan mereka.
Selain itu, mereka juga dapat meningkatkan harga tanpa kehilangan pelanggan.
Karena itu, wirausaha lebih suka mengejar pasar dengan kompetisi terbatas.
Ketika persaingan di pasar tertentu meningkat, hal itu bisa mengurangi pangsa
pasar masing-masing perusahaan, sehingga mengurangi jumlah unit yang dijual
oleh masing-masing perusahaan di pasar. Kedua, tingkat persaingan yang tinggi
mungkin memaksa setiap perusahaan di pasar untuk menurunkan harganya guna
mencegah pesaing mengambil pangsa pasarnya. Perusahaan yang bersaing dalam
pasar untuk produk atau jasa tertentu biasanya ingin meningkatkan pangsa pasar
mereka. Namun, semua perusahaan tidak dapat meningkatkan bagian mereka secara
bersamaan.
Peningkatan pangsa pasar satu perusahaan terjadi dengan mengorbankan
atau penurunan pangsa pasar perusahaan lain. Sebagai contoh, misalkan di pasar
tertentu (misal Jakarta), akan ada total 6.000 kunjungan ke dokter gigi tahun
ini. Artinya, total permintaan akan jasa kedokteran gigi dalam satu tahun
adalah 6.000. Saat ini, ada dua dokter gigi di pasar Jakarta. Jika bisnis
kedokteran gigi baru memasuki pasar, maka akan menarik pelanggan dan akan
mewakili pengurangan dalam bisnis untuk dua dokter gigi yang sudah ada. Ketika
bisnis baru menembus (memasuki) pasar, dibutuhkan sebagian pasar dari
perusahaan lain. Dengan demikian, ia memperoleh pangsa pasar, sementara
perusahaan lain dapat kehilangan pangsa pasar. Karena para pesaingnya memilih
untuk tidak menyerah pada pangsa pasar mereka, mereka dapat menggunakan
berbagai strategi bisnis untuk melawan pintu masuk bisnis baru ke pasar. Sulit
untuk bisnis baru untuk terus meningkatkan pangsa pasarnya, terutama saat
berbagai bisnis baru bertambah yang memasuki pasar.
Setiap
pasar memiliki segmen, atau bagian dari itu yang mencerminkan jenis bisnis
tertentu dan kualitas yang dirasakan. Jadi, pasar dapat didefinisikan secara
sempit berdasarkan jenis bisnis dan kualitas. Mengelompokkan pasar dengan cara
ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi pesaing utamanya sehingga
mereka dapat dinilai. Pasar dapat disegmentasi berdasarkan jenis pelanggan tertentu.
Sebagai contoh, di pasar penyewaan mobil, beberapa perusahaan (seperti Hertz)
sangat fokus pada pelanggan bisnis, sementara yang lain (seperti Dollar dan
Payless) fokus lebih banyak pada individu yang sedang berlibur atau wisatawan.
Demikianlah seorang wirausaha yang berencana untuk membuat bisnis penyewaan
mobil baru harus memutuskan untuk segmen mana yang akan dimasuki. Keputusan ini
akan memengaruhi tipe pelanggan yang ditargetkan untuk bisnisnya.
e.
Kondisi Tenaga Kerja
Beberapa pasar memiliki karakteristik tenaga
kerja yang spesifik. Biaya tenaga kerja akan lebih tinggi pada
industri-industri yang membutuhkan keahlian khusus. Adanya serikat pekerja juga
dapat memengaruhi biaya tenaga kerja. Memahami lingkungan ketenagakerjaan dalam
suatu industri dapat membantu seorang wirausaha mengestimasikan beban tenaga
kerja dan memutuskan apakah suatu bisnis dapat menghasilkan produk dengan biaya
yang lebih rendah daripada perusahaan-perusahaan lain yang sudah ada.
d.
Kondisi Peraturan dan Undang-Undang
Pemerintah dapat
menegakkan aturan lingkungan atau dapat mencegah perusahaan dari beroperasi di
lokasi tertentu atau masuk dalam jenis bisnis tertentu. Misalnya, Blockbuster
dipengaruhi oleh negara dan peraturan federal tentang periklanan, perlindungan
konsumen, ketentuan kredit, waralaba, zonasi, penggunaan lahan, kesehatan dan
keselamatan, dan kondisi kerja. Meskipun semua industri tunduk pada beberapa
bentuk peraturan pemerintah, beberapa industri menghadapi peraturan yang sangat
ketat. Mobil dan perusahaan minyak telah mengalami peningkatan peraturan
tentang lingkungan. Perusahaan di industri perbankan, asuransi, dan utilitas
telah menjadi subjek peraturan tentang jenis layanan yang dapat mereka berikan
Komentar
Posting Komentar